Influence Of Graphic Design
5.1Culture Influency – Ethis in Graphic design/ Ethis in
Graphic Design
Desain grafis berfungsi sebagai filter melalui banyak
komunikasi kami sebarluaskan. Desainer grafis menemukan jati diri mereka dalam
posisi unik menjadi penunggu informasi serta menyediakan cermin yang
mencerminkan budaya kontemporer. Pengaruh yang desainer grafis terhadap
bagaimana komunikasi yang disampaikan mungkin tidak selalu jelas bagi mereka.
Seringkali mereka terlibat dalam rincian proyek dan bahkan tidak menyadari
dampak pekerjaan yang mereka telah miliki.
5.2 Movies
Sebuah movies, juga disebut film, adalah serangkaian gambar
diam yang, ketika ditampilkan di layar, menciptakan ilusi gambar bergerak
karena fenomena phi. Ilusi optik ini menyebabkan penonton untuk merasakan
gerakan kontinyu antara objek terpisah dilihat dengan cepat berturut-turut.
Sebuah film dibuat dengan memotret adegan yang sebenarnya dengan kamera film;
dengan memotret gambar atau model miniatur menggunakan teknik animasi
tradisional; dengan cara CGI dan animasi komputer; atau kombinasi dari beberapa
atau semua ini.
Graphic Design in term of modelling human computer interaction
6.1 Human Computer Interaction
adalah
sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan
dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang
berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah
kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya
hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang
menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer
interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena
disekitar manusia itu sendiri.
Tujuan dari
HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe),
artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk
mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility),
ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini
dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah
dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
6.2 User Experience Designer
Orang yang bertanggung jawab pada sisi experience (pengalaman) yang dialami oleh pengguna (user) pada saat mengakses suatu sistem. Sistem tersebut bisa website, aplikasi website, atau aplikasi smart phone. Sebagai contoh pada saat user mengakses website, apakah mereka akan mudah menggunakannya, apakah bermanfaat, efisien, tidak membingungkan. Pada saat user membeli suatu produk di situs e-commerce apakah prosedurnya mudah atau justru terlalu rumit. Pada saat user mengisi form cukup hanya beberapa langkah atau malah memakan waktu. Ini semua adalah beberapa contoh pekerjaan yang harus diselesaikan oleh UX designer.
Tuntutan terkini terhadap suatu website adalah website yang berpusat pada user (user-centered design) bukan pada selera designernya atau kemauan dan selera pemilik.
sumber :
http://siskaseptia.blogspot.com/2014_12_01_archive.html
http://belajarhci.blogspot.com/2013/01/pengertian-hci-human-computer.html
http://www.tutorial-webdesign.com/perbedaan-graphic-designer-web-designer-ui-designer-ux-designer-dan-front-end-developer/
No comments:
Post a Comment