Friday, January 4, 2013

penyebab banjir serta cara menanggulanginya

Banjir merupakan bencana alam yang sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia,khusunya bagi warga Jakarta.
Jakarta sebagai Ibukota telah menjadi langganan banjir apabila musim penghujan telah tiba.
Berikut ini kita akan membahas penyebab dan cara penanggulangan banjir tersebut.

Masalah utama yang menyebabkan banjir menurut saya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan,seperti membuang sampah sembarangan di sungai,kali,atau saluran air yang ada serta menumpuk sampah di suatu tempat.
Seharusnya masyarakat membersihkan saluran air yang ada bahkan membersihkan sampah-sampah bahkan sampai ke dasar kali atau sungai agar tidak terjadi pendangkalan.

Masalah kedua menurut saya adalah kurangnya daerah resapan air dan sistem tata kota yang belum tepat.
Jalanan-jalanan yang di aspal atau di beton menghambat peresapan air,serta banyaknya tanah-tanah lapang yang dijadikan bangunan-bangunan seperti mall,apartemen dan lainnya.
Seharusnya pemerintah tidak terlalu banyak menyetujui adanya pembangunan-pembangunan,karena dapat menyebabkan turunnya permukaan tanah,dan masyarakat dan pemerintah bisa melakukan penanaman pohon.

Masalah yang ketiga adalah banyaknya masyarakat yang tinggal di bantaran kali atau sungai karena disebabkan ekonomi yang sulit.Seharusnya pemertintah bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak atau menyediakan tempat tinggal yang layak dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah tersebut.

Mari kita mulai dari kesadaran kita sendiri dan saling bekerja sama untuk mencegah banjir terjadi

Demikian penyebab serta cara penanggulangan banjir menurut saya,semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment