Monday, December 22, 2014

Point 4.1 -4.6


  • Animasi(Animation)
Animasi adalah proses menciptakan gerak dan perubahan bentuk ilusi melalui tampilan cepat dari urutan gambar statis yang minimal berbeda satu sama lain,animasi dapat direkam di media analog , seperti buku flip, Film film, rekaman video, atau media digital dengan format seperti GIF animasi flash animasi atau video digital. Untuk menampilkannya bisa menggunakan  kamera digital,komputer, atau proyektor. Metode pembuatan animasi termasuk metode pembuatan animasi tradisional dan yang melibatkan animasi stop motion dari benda dua dan tiga dimensi seperti guntingan kertas, boneka dan tokoh tanah liat.


  •   Arsitektur(Architecture)
Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.


  • Penataan Seni(Art Direction)
Penataan seni biasanya dilakukan dalam teater, periklanan, pemasaran, penerbitan, film and televisi, Internet, dan video game yang membentuk mood tertentu dari seni tersebut,unsur-unsur kontras serta bagaimana cara agar menarik minat audiens pada seni tersebut dan penataan seni menitik beratkan pada komunikasi visual dan bagaiana komunikasi itu dijalankan.


  • Desain Komunikasi (Communication Design)
Desain komunikasi pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.
Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.


  •  Desain Industri(Industrial Design)
adalah seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan. Desain industri menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna atau garis dan warna atau gabungannya, yang berbentuk 3 atau 2 dimensi, yang memberi kesan estetis, dapat dipakai untuk menghasilkan produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri. Kriteria desain industri adalah baru dan tidak melanggar agama, peraturan perundangan, susila, dan ketertiban umum. Jangka waktu perlindungan untuk desain industri adalah 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan Desain Industri ke Kantor Ditjen Hak Kekayaan Intelektual. Desain Industri adalah cabang HKI yang melindungi penampakan luar suatu produk. Sebelum perjanjian TRIPS lahir, desain industri dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Namun karena perkembangan desain yang sangat pesat, maka perlu dibuatkan UU Khusus yang mengatur tentang desain industri.


  • Copy writing
Copy writing  adalah kegiatan di dunia periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).
  
sumber:
wikipedia.com
google.com


No comments:

Post a Comment