Tuesday, October 13, 2015

Profil Perusahaan

·         IBM
IBM sebuah perusahaan besar yang mendunia, pernah mengalami masa-masa krisis. Dimana mereka hampir menuju kebangkrutan. Namun seorang penyelamat IBM bernama Louis V. Gerstner mampu membangkitkan kembali IBM menuju puncak kejayaannya lagi. Kita lihat secara ringkas perjalannya dibawah ini.

·         Sejarah Inovasi pada Perusahaan IBM 
1945: IBM Research
IBM mendirikan fasilitas riset untuk pertama kalinya dalam bidang ilmu pengetahuan dasar. Fasilitas ini bernama Watson Scientific Computing Laboratory yang terletak di Columbia University. Riset ini bertujuan untuk mempelajari bidang fisika dan material science. Dalam prosesnya, fasilitas riset ini juga turut berperan dalam bidang computer science.

1952: Magnetic Core Memory
IBM menjadi perusahaan pertama yang mengintegrasikan bentul awal dari random-access memory ke dalam sistem komputer. Aplikasi awalnya digunakan pada tahun 1958 oleh NORAD (North American Aerospace Defence Command) dalam SAGE system untuk mengontrol lalu lintas udara secara real-time dan juga untuk keperluan pertahanan.

1956: RAMAC
Computer pertama yang mengandung hardisk magnetis untuk menyimpan data, bernama 305 Random Access Method of Accounting and Control yang mampu untuk membantu data bisnis seperti sales records, jadwal produksi dan inventori bisa disimpan, ditampilkan dan juga dianalisa. Peranti ini menyimpan data lima megabytes dengan biaya USD$ 10.000 per megabyte.

1957: FORTRAN
IBM membuat FORTRAN (formula translation), yaitu bahasa tingkat tinggi pertama yang tersedia untuk clientnya. Bahasa ini dibuat oleh John Backus, salah seorang peneliti di IBM. FORTRAN membolehkan programmer untuk menggunakan karakter dalam menulis program. Sebelumnya mereka harus mengetikkan bahasa mesin yang rumit untuk melakukan kegiatan pemrograman. Bahasa ini akhirnya banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan matematika seperti kalkulasi numerik.

1968: DRAM
Ilmuwan IBM, Bob Dennard, menemukan one-transistor dynamic random-access memory (DRAM), dimana hal ini merupakan kemajuan yang besar dalam masalah memory density. DRAM sampai saat ini juga masih menjadi bentuk yang dominan dalam memori komputer.

1969: Lunar Missions
Teknisi IBM dan komputer System/360 sudah membantu National Aeronautics and Space Administration (NASA) dalam membawa manusia ke bulan untuk pertama kalinya. IBM mendukung NASA dalam semua program luar angkasanya, mulai dari Mercury, Gemini, Appolo dan juga misi Skylab. IBM juga membantu memberi notebook ThinkPad kepada para astronot di dalam pesawat ulang alik.

1970: Relational Database
Edgar F. Codd, seorang peneliti di IBM, mengenalkan suatu konsep mengenai database relasional -- yaitu sebuah himpunan dari tabel-tabel yang saling berhubungan dan berisi data dalam kolom-kolom yang sudah didefinisikan. Hal itu akan memungkinkan informasi untuk bisa diakses dan dimanipulasi dengan cara yang baru.

1974: RISC (Reduced Instruction Set Computer)
Peneliti IBM, John Cocke membangun suatu himpunan instruksi yang disederhanakan untuk pemrograman mikroprosesor dan hal ini menjadi cornerstone untuk chip-chip modern saat ini, termasuk mikroprosesor Power milik IBM. Hari ini, POWER5 system-on-a-chip merupakan prosesor RISC yang berkembang pesat di dunia industri.



1981: IBM Personal Computer
IBM PC telah menjadi standar dalam dunia komputer dan juga menjadi bagian dalam bisnis dan juga kehidupan sehari-hari. Pada awal tahun 1980an, sudah ada kurang dari sejuta PC yang sudah digunakan, sementara itu sampai akhir tahun 1980an sudah ada lebih dari 100 juta PC.

1991: IBM Global Services
IBM membentuk Integrated Systems Solutions Corporation, yang merupakan precursor dari IBM Global Services yang telah membangun USD$ 13 milyar bisnis layanan IT. Sampai dengan tahun 2004, layanan teknologi informasi untuk kepentingan bisnis sudah berkembang di pasar global dan IBM Global Services telah menghasilkan USD$ 46.2 milyar, yang merupakan 48% dari total revenue IBM.

1995: IBM Software
IBM membuat sebuah unit bisnis software yang mana fokus pada platform yang terbuka dan juga independen middleware. Sampai dengan tahun 2004, IBM Software telah menghasilkan revenue USD$ 15 milyar yang mana 80% -nya berasal dari middleware.

1997: Copper Chip Technology
Peneliti IBM membangun suatu metode untuk menggantikan aluminium wiring pada mikroprosesor dengan tembaga. Hal ini mengakibatkan mikroprosesor yang lebih cepat dengan harga yang lebih murah.

1999: Linux for Business
IBM menyatakan komitmennya untuk mendukung sistem operasi open source Linux dan mulai untuk mendukung sistem operasi ini dalam semua lini produk dan layanannya.

2004: Blue Gene menjadi super komputer tercepat di dunia
Dengan berbasiskan pada teknologi mikroprosesor Power IBM dan Linux, sistem Blue Gene berhasil menancapkan kukunya sebagai super komputer tercepat di dunia dengan performa 70.7 teraflops atau setriliun kalkulasi per detik. Ukuran Blue Gene lebih kecil dan lebih murah baik dari sisi cost dan juga konsumsi power yang lebih rendah daripada super komputer yang tradisional. Blue Gene bisa digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga hal ini menguntungkan IBM secara komersial.

·         Jenis Jasa atau Barang TIK yang ditawarkan
              Produk dari IBM mencakup keseluruhan teknologi informasi :

1. Perangkat keras
Mesin server
System P (Server Unix)
System I (Dulu namanya AS/400)
System X (Server dengan Prosesor intel/AMD)
Teknologi penyimpanan (storage)
Pencetak

2. Perangkat lunak
DB2             :   pengelolaan data
WebSphere :   aplikasi dan penengah (middleware)
Tivoli           :   pengelolaan sistem dan jaringan
Rational       :   pembuatan aplikasi
Lotus           :   kolaborasi dan portal

3. Pelayanan (service)

Pelayanan kelangsungan bisnis
Pelayanan perubahan bisnis
Pelayanan sistem aplikasi
Perawatan komputer
Perawatan perangkat lunak

·8 Prinsip Dasar IBM
1.     Pasar menjadi tenaga pendorong di balik apapun yang kita kerjakan
2.    Inti bisnis IBM adalah perusahaan teknologi yang memiliki komitmen  
       tinggi   terhadap mutu
3.    Ukuran utama dari sukses adalah kepuasan pelanggan dan nilai bagi    
       pemegang saham
4.    Kita beroperasi sebagai organisasi entrepreneurial dengan birokrasi
       minimum dan senantiasa fokus pada produktivitas
5.    Kita tidak pernah kehilangan focus terhadap visi strategik
6.    Kita berpikir dan bertindak berdasarkan urgensi
7.    Karyawan yang hebat dan berdedikasi membuat semuanya terjadi,
      terutama bila  mereka bekerja secara tim
8.   Kita sensitif terhadap kebutuhan karyawan dan komunitas di mana kita
      beroperasi


sumber :
http://explorerimagination.blogspot.co.id/2014/11/profil-perusahaan-ibm.html
http://safitriromadoni.blogspot.co.id/2012/05/profil-perusahaan-ibm.html
http://kotakpengetahuan.blogspot.co.id/2011/12/sejarah-ibm.html






No comments:

Post a Comment