Tuesday, January 5, 2016

Analisa 4 Prinsip Dasar UI pada wbsite dikutandi.com

Pengertian User Interface

User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.

Konsep User Interface

Mengkonsep user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web, aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural, tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang berbeda.

Prinsip Dasar User Interface

   •· User familiarity / Mudah dikenali : gunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letter,
     documents, folders bukan directories, file, identifiers. -- jenis document open office.

• Consistency/ “selalu begitu” : Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. -- layout menu di open office mirip dgn layout menu di MS office.

• Minimal surprise / Tidak buat kaget user : Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.

• Recoverability/pemulihan : Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).

• User guidance/ bantuan : Sistem manual online, menu help, caption pada icon khusus tersedia.

• User diversity/keberagaman : Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar 2.3. User Interaction Perancang sistem menghadapi dua masalah penting yaitu:
- Bagaimana informasi dari user bisa disediakan untuk sistem komputer – misalnya pada saat input data.
- Bagaimana informasi dari sistem komputer ditampilkan untuk user – hasil dari pemrosesan data. User interface yang baik harus menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation).

·          Ease of Learning :  User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi. Hal ini akan membuat user termotivasi untuk menggunakannya.


Analisa Website dikutandi.com 

saya akan menganalisa web dikutandi.com dengan menggunakan 4 prinsip dasar dari UI 
web tersebut merupakan website e-learning yang berisikan tentang tutorial dalam web developing serta tentang algoritma spk dan kriptografi. berikut tampilan website tersebut :

hasil analisa :

1. Consistency
 konsistensi dari website ini bisa di lihat dari "home" dimana semua label home meiliki arti sama dalam sebuag website yaitu tampilan halaman utama


 2. Minimal Surprise
  minimal surprise dari web ini bisa dilihat pada saat kita memilih home maka akan terdapat tampilan utama dari website ini dan jika memilih label PHP maka semua artikel tentang bahasa pemograman PHP yang akan ditampilkan begitu juga dengan algoritma dan wordpress

3. User Familiarity
   pada web ini bahasa yang digunakan disetiap artikelnya adalah bahasa-bahasa yang umum sehingga para pemula dapat memahami istilah-istilah yang digunakan dalam tiap artikelnya
4. Ease Of Learning 
   pada website ini tutorial-tutorial yang ada semuanya dijelaskan secara bertahap dan jelas sehingga pemula maupun orang awam akan lebih mudah memahami serta penggunaan Meme yang membuat pembaca tidak akan bosan saat membaca artikel ataupun tutorial yang ada.
sumber :
http://ezlia-28.blogspot.co.id/2010/03/prinsip-desain-user-interface.html
http://dikutandi.com/
http://blogmpnamora.blogspot.co.id/
http://senalastiansah.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-user-interface-user.html

 

1 comment: